semua tentang adalah

Selasa, 08 Agustus 2017

Berasal dari bahasa Yunani xero yang berarti "kering", xerosis adalah istilah medis untuk kulit yang kering. Penyebab utama xerosis adalah menurunnya kelenjar minyak pada kulit dan asupan cairan yang kurang pada tubuh. Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup dapat mencegah terjadinya xerosis, meskipun hal tersebut belum tentu cukup karena xerosis juga disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. 

Faktor internal penyebab xerosis adalah ketidakseimbangan hormon seperti yang dijumpai pada saat menopause, hipotiroidisme, dan hipertiroidisme, dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternalnya adalah cuaca atau suhu serta lingkungan yang dapat membuat kulit kehilangan kelembaban. Mandi terlalu lama dan penggunaan alat-alat mandi seperti sabun yang keras juga dapat memicu terjadinya kekeringan pada kulit.

Gejala xerosis yang terjadi pada kulit adalah kulit terasa kering dan mungkin pecah-pecah, kulit tampak pucat terkadang menjadi kemerah-merahan, permukaan kulit kadang terasa gatal, dan lain-lain. Meskipun xerosis biasanya terjadi dalam waktu yang singkat tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini akan terjadi dalam waktu yang berkepanjangan. Xerosis dapat dicegah dengan cara menjaga kelembaban kulit seperti tidak mandi terlalu lama atau menggunakan sabun atau shampo yang bersahabat dengan kulit.
Ditulis oleh Muhammad Hidayat pada 20.09 dalam , ,    Belum ada komentar »

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Kami

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Cari disini